6 Tanaman Obat Tradisional Untuk Paru - Paru Basah

6 Tanaman Obat Tradisional Untuk Paru - Paru Basah - Berikut ini adalah beberapa tanaman obat tradisional yang bisa menjadi pengobatan alternatif lain yang patut anda coba untuk mengobati penyakit paru paru basah anda.

Di zaman yang modern ini teknologi yang canggih sekarang ternyata kian hari kian banyak mereka yang lebih tetarik mengobati sakit atau keluhan kesehatan dengan cara alami atau dengan menggunakan bahan bahan herbal yang telah disediakan oleh alam.

Kecenderungan masyarakat yang sekarang tertarik menggunakan bahan alamiuntuk membantu proses penyembuhan karena bahan alami ini lebih aman jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan sangat efektif.

Salah satu penyakit yang baru baru ini meningkat adalah penyakit paru paru basah. Namun tahukah anda bahwa alam menyediakan bahan alami dan tanaman yang bisa membantu proses penyembuhan paru paru basah anda?

Berikut ada beberapa tanaman yang bisa dijadikan obat untuk mengobati paru paru basah anda dengan herbal alami yang aman dan tepat dan tidak menimbulkan efek samping, diantaranya tanaman tersebut adalah :

  • Ciplukan


Tanaman yang pertama yang dapat membantu proses penyembuhan penyakit paru paru basah adalah ciplukan. Pada umumnya jenis tanaman ini tumbuh dengan dataran rendah atau di daerah pendesaan. Tanaman yang mana tumbuh secara liar ternyata di dalamnya menyimpan khasiat dan manfaat yang luar biasa, dan batang dari ciplukan ini berongga dan bersegi tajam dan berwarna hijau , biasanya tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai 1 meter.

Ciplukan adalah tanaman yang memiliki buah dan tentunya buah itu bisa dimakan dan buah ciplukan yang masih muda umumnya memiliki rasa pahit namun telah matang dan buah ini manis sehingga enak dikonsumsi. Inilah beberapa kandungan alami yang titemui di jenis tanaman ciplukan, kandungan kandungan tersebut adalah kandungan saponin yang berada di bagian tunas dan memiliki senyawa flavonoid di tunas dan daun, poliferol dan fisalin yang terdapat di buah.

Tanaman ini juga memiliki kandungan alkoid, asam palmiat, vitamin C, tanin, kriptoxantin, asam chlorogenik, asam sitrun, asam malat dan gula. Karena beberpa kandungan tersebut maka ciplukan dimanfaatkan sebagai antihiperglikemi, antibakteri, antivirus, imunostimulan,antiinflamasi, antioksidan, analgesik dan sitotoksik.

bagi anda yang terkena penyakit paru paru basah ini bisa mencoba mengobati penyakit tersebut dengan menggunakan bahan alami. Cara pengolahan tanaman ini sangatlah ,udah yaitu dngan cara sediakan ciplukan sesemua bagian dari akar sampai batang dan buahnya. Lalu cici cplikan tersebut dengan bnar lalu rebus tanaman ciplukan dengan lima gelas air jika telah mendidih lalu iriskan an anda dapat mengonsumsi ramuan ini sebagnyak tiga kali.
  • Kulit Kacang Tanah


Mungkin sebagian orang belum tahu khasiat dari kuli kacang tanah ini. Bagi anda yang memiliki penyakit paru paru basah dan ingin mengobatinya dengan cara alami maka anda dapat mencoba mengolah kulit kacang tanah dengan cara :

Sediakan 27 gram kulit kacang tanah dan juga gula merah secukupnya, lalu rebus kulit kacang dengan menambahkan gula sedikit saja tunggu air rebusan hingga keruh lalu tambahkan gula, dan anda bisa mengonsumsi ramuan ini sebanyak dua kali dalam satu hari.
  • Bunga Sepatu


Tanaman alami ini dapat mengobati paru paru basah adalah bunga sepatu yang cara pengolahannya dengan bahan alami ini sangat mudah anda cukup menyediakan 2 kuntum bunga sepatu dan garam sedikit, lalu cuci hingga bersih, lalu tumbuk hingga halus dan jangan lupa tambahkan dengan garam secukupnya dan masukan ramuan tersebut ke dalam air panas segelas lalu saring ramuan tersebut dan anda bisa mengonsumsi ramuan tersebut di pagi hari, siang dan malam hari. 
  • Daun Sirsak


Tanaman yang banyaak ditemui ini juga memiliki kandungan alami yang mana khasiatnya yang dapat mengobati berbagai penyakit. Kandungan senyawa alami yang ditemui di daun sirsak ini memiliki sifat sebagai antibakteri, antivirus, bahkan antikanker, antitumor, antimalaria, dan kandungan antibakteri dan antivirus ini yang dimiliki oleh daun sirsak dapat efektif dalam mengobati penyakit paru paru basah. 

Cara pengolahan daun sirsak cukup dengan sediakan 2 hingga 5 daun sirsak, lalu bersihkan, lalu rebus daun sirsak ke dlam air hangat setelah menyisakan satu gelas maka anda bisa mengonsumsinya. Dan lakukan pengobatan ini dengan rutin 3 sampai 4 hari.
  • Kulit Manggis


Bahan alami yang memiliki khasiat untuk membantu proses penyembuhan penyakit ini . Kulit manggis memliki kandungan di dalamnya yang alami yang biasa disebut dengan sebutan xanthone dan kandungan alam tersebut mampu mengobati berbagai penyakit dan dapat mencegah kanker juga dapat melawan radikal bebas dan kandungan yang berbahaya untuk tubuh. 

Cara pengolahannya cukup dengan siapkan kulit manggis sebanyak 2-3 buah, lalu bagian dalam yang lembut diambil, lalu blender bagian kulit yang telah dipisahkan dan anda bisa mencampurkan dengan susu, alpukat atau coklat dan setelah halus tentunya anda bisa mengonsumsi ramuan ini. 
  • Pagangan


Obat tradisional paru paru basah adalah pegangan yang sama halnya dengan ciplukan yang tumbuh dengan liar dan pegangan ini juga tumbuh dengan liar diperkebunan, ladang bahkan tepi jalan.

Tanaman ini berasal dari Asia tropika dan tersebar diasia tenggara dan salah satunya adalah di indonesia. Dibeberapa tempat tanman ini memiliki nama lainnya yang menyebutkan daun kaki kuda dan antanan. Kandungan tanaman ini sangat luar biasa dan pegangan mengandung asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi.

Diduga glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat vellarine yang ada memberikan rasa pahit.
Cara pengolahan daun pegagan ini untuk merasakan khasiatnya sangat mudah, anda dapat mengkonsumsi segar daun ini atau di jadikan lalapan dan juga bisa di jadikan teh atau di olah dengan cara lain.

Itulah beberapa tanaman tradisional yang diyakini sebagai obat tradisional paru paru basah, dan bagi anda yang terkena penyakit ini dan ingin merasakan maka tidak ada salahnya untuk mengolah bahan alami tersebut. 

Artikel Terkait 6 Tanaman Obat Tradisional Untuk Paru - Paru Basah :

Diberdayakan oleh Blogger.