Hindari Kebiasaan Yang Dapat Membahayakan Paru - Paru

Hindari Kebiasaan Yang Dapata Membahayakan Paru - Paru - Paru Paru termasuk organ yang paling penting pada manusia, Paru paru memiliki tugas untuk membersihkan kotoran yang masuk sehingga tidak mengganggu pernafasan. Paru paru sangat begitu penting sehingga keberadaanya tidak akn pernah bisa digantikan oleh organ tubuh lainnya.



Oleh karena itu sudah selayaknya kita menjaga dan melindungi paru paru agar senantiasa sehat dan bisa berfungsi dengan baik. Ada beberapa cara untuk menjaga paru paru dengan cara, memenuhi kebutuhan vitamin A yang kaya antioksidan dan bagus untuk paru-paru an menghindari kebiasaan yang dpat merusak paru paru.

Meskipun sudah banyak orang yang tahu akan pentingnya paru paru tapi banyak orang yang entah sengaja atau tidak justru melakukan kebiasaan yang dapat membahayakan paru paru. Oleh karena itu kita harus menghindari kebiasaan yang dapat membahayakan paru paru, diantaranya sebagai berikut :

  • Tidak Memperhatikan Gizi
Tidak memperhatikan gizi adalah salah satu yang dapat menyebabkan kerusakan pada paru paru, seperti yang kita tahu saat ini kadar polusi kian tinggi yang dapat mengganggu kesehatan pada paru paru. Untuk menyelamatkan paru paru kita harus mencukupi kebituhan vitamin A yang mengandung antioksidan tinggi sehingga membantu menangkal radikal bebas dan meregenerasi sel paru yang terkena zat toksin dan polutan.
  • Tidak Mencuci Tangan
Tidak mencuci tangan bisa menjadi salah satu yang dapat membahayakan paru paru karena ada satu penyakit yang dapat menyerang pada paru paru, yaitu Tuberkulosis (TBC) yang dimana salah satu penyebabnya adalah penularan bakteri melalui udara, Oleh karena itu usahakan cuci tangan hingga bersih sebelum makan atau setelah beraktifitas di luar rumah terutama setelah menjenguk pasien di rumahsakit.
  • Berlama-lama Dalam Mobil Dalam Kondisi AC Menyala
AC menyala sangat lama bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan paru-paru karena AC mobil bis membahayakan dirianda jika dinyalakan terus menerus. Hal ini karena mudahnya penyebaran microorganism dan bakteri yang menyebabkan gangguan pernafasan dan paru-paru.

Oleh karena itu pastikan jaga kebesihan mobil dan nyalakan AC mobil secukupnya. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, demikian pula dengan paru paru. Alangkah baiknya jika kita hindari kebiasaan yang dapat membahayakan paru-paru yang dapat berisiko penyakit yang berat.
  • Tidak Menggunakan Masker Saat Naik Motor
Keberadaan masker sangat pentingnya dengan helm, Tapi tidak banyak orang tahu bahwa masker fungsinya untuk melindungi paru paru dari paparan polusi asap dan debu serta radikal bebas yang siap mencemari pernafasan dan merusak paru paru. Oleh karena itu jika anda berpergian naek motor alangkah baiknya anda menggunakan masker agar bisa terhindar dari paparan polusi dan debu dan dapat melindungi paru paru anda.
  • Menggunakan Cairan Pembersih Lantai
Penggunaan cairan pembersih lantai merupakan salah satu yang dapat membahayakan paru paru anda, karena pembersih lantai memiliki kandungan kimia yang terdapat didalamnya bisa menguap dan dapat menimbulkan masalah pernafasan kronis hingga reaksi alergi. 

Oleh karena itu, telitilah dengan benar sebelum membeli cairan pembersih lantai atau lebih baik gunakan bahan bahan alami untuk membersihkan lantai. 
  • Merokok 
Merokok adalah slah satu penyebab kerusakan paru paru, pada umumnya merokok dapat merusak kesehatan paru paru. Dan oleh karena itu pastikan anda menghindari kebiasaan merokok maupun terpapar asap rokok, karena tidak hanya perokok aktif tapi perokok pasif juga memiliki risiko yang tidak kalah besar mengalami gangguan kesehatan pada paru paru.

Artikel Terkait Hindari Kebiasaan Yang Dapat Membahayakan Paru - Paru :

1 komentar:

Trims info dan tips nya, sehat selalu ya ...
Btw ijin info juga soal neuropati ya ...

Silahkan klik

Balas

Diberdayakan oleh Blogger.