Kenali Ciri-Ciri Penyakit Paru-Paru Basah

Paru-paru basah adalah penyakit yang tergolong ringan atau menjadi serius dan dapat membahayakan nyawa yang penderitanya. Walau begitu, paru-paru basah juda dapat dicegah yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, menjaga kebersihan, mengurangi mengonsumsi minuman alkohol, dan berhenti merokok.



Paru paru basah adalah penyakit yang diakibatkan oleh infeksi yang memicu inflamasi pada kantong kantong udara atau alveolus di dalah satu bagian paru paru, Paru paru basah juga dapat disebabkan oleh serangan/ infeksi virus, jamur dan bakteri terhadap sistem pernafasan.

Penyebab, Ciri-Ciri dan Jenis Paru-Paru Basah

Ciri - ciri paru paru basah memiliki tahapan yang bervariasi yang dimulai dari ringan hingga berat. Ciri ciri basah terlihat dari kondisi alveolus yang berisi cairan atau nanah yang menyebabkan penderita kesulitan bernafas.

Paru-paru basah pada umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri dan sebagian kecil kasus lain yang dikarenakan serangan virus. Paru-paru basah ini akibat bakteri yang dapat disembuhkan dengan pemberian antibiotik melalui diagnosis yang tepat oleh dokter. 

Paru - paru basah menjadi salah satu penyakit yang mulai dinyatakan serius umumnya saat menjangkiti anak-anak dan seorang penderita penyakit paru paru yang sudah lama atau kronis. Vaksinasi paru paru basah ini dapat diberikan agar terhindar dari jenis jenis paru paru basah dan penyakit yang mematikan lainnya.

Ada beberapa gejala paru-paru basah yang terlihat dengan kemunculan sejumlah gangguan, antara lain sebagai berikut :

  • Nyeri otot
  • Jantung berdebar
  • Mual dan muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Demam, menggil, dan sering berkeringat
  • Nafas cepat dan kesulitan bernapas
  • Batuk kering disertai dengan berdahak 
  • Nyeri dada yang bertambah parah ketika batuk.
Jika anda mengalami gejala yang disebutkan diatas, sebaiknya anda segera periksakan kedokter atau mencari pertolongan medis di klinik kesehatan terdekat. Dan juga disarankan untuk segera memeriksakan diri kepada dokter jika mengalami gejala gejala lain yang berupa warna kulit membiru karena kekurangan oksigen, kerap merasa linglung, batuk berdarah, serta demam tinggi di atas 39 derajat celcius. 

Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit paru-paru basah dan berdasarkan penyebab umumnya, diantaranya :
  • Pneumonia akibat mikroplasma
Mikroplasma merupakan agen terkecil penyebab penyakit paru-paru basah ringan yang biasanya menyerang anak-anak dan dewasa muda.Walau mikroplasma tidak tergolong bakteri dan virus, tapi organisme ini memiliki sifat kedua-duanya.
  • Pneumonia akibat virus
Pada kebanyakan kasus, infeksi virus terhadap sistem pernapasan dapat menjadi pemicu paru-paru basah yang sering menyerang anak-anak dan lansia. Virus flu dapat memperparah kondisi pneumonia, terutama jika terjadi pada ibu hamil, penderita gangguan jantung, dan paru-paru. Kondisi ini juga di perparah oleh bakteri yang menyerang tubuh. 
  • Pneumonia akibat bakteri
Penyakit ini menyerang segala usia dan dapat berkembang usai sakit pilek atau flu yang parah. Selain karena Streptococcus pneumoniae, bakteri penginfeksi lainnya adalah Legionella pneumophila dan Chlamydophila pneumonia. Bakteri Pneumocystis jiroveci terkadang dapat ditemukan pada penderita HIV/AIDS yang  mengalami mengalami penurunan sistem imunitas sehingga tubuh penderita sudah tidak mampu melawan infeksi.
  • Pneumonia tipe lain
Penyakit pneumonia tipe lain sering kali menyerang sistem imun inang yang terganggu atau individu yang dengan penurunan kinerja sistem imun. Jenis pneumonia tipe lain adalah pneumonia pneumocystis carinii yang umumnya menyerang pengidap human immunodeficiency virus atau HIV/AIDS dan tuberkulosis.

Pencegahan Penyakit Paru-Paru Basah

Pencegahan paru paru basah dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, misalnya, dengan tidak merokok dan mengurangi minuman alkohol. Namun tidak hanya itu saja anda masih ada tindakan pencegahan lain yang bisa dilakukan, dengan cara yaitu sebagai berikut :
  • Menutup mulut dan hidung dengan sapu tangan ketika bersin
  • Buanglah tisu atau alat pembersih lain yang memungkinkan kuman kuman dapat tumbuh serta menyerang mulut dan hidung manusia
  • Menjaga kebersihan demi menangkal penyebaran kuman seperti, cuci tangan secara rutin demi menghindari penularan kuman dari orang yang saru ke lainnya atau ke benda yang disentuh.
Konsultasikan kepada dokter jika kesehatan anda menurun karena gejala paru paru basah.Anda harus segera periksakan kedokter jika anda mengalami gejala, Seperti nyeri dada, sering merasa linglung dan sesak napas.


Artikel Terkait Kenali Ciri-Ciri Penyakit Paru-Paru Basah :

Diberdayakan oleh Blogger.