Selasa, 13 Juni 2017

4 Kandugan Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Paru-Paru

4 Kandugan Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Paru-Paru

4 Kandugan Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Paru-Paru -Paru-paru merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita yang harus dirawat sedemikian rupa, sehingga ia dapat berperan normal dan tidak terganggu oleh masuknya parasit-parasit dari luar maupun dari tubuh itu sendiri.

Fungsi utama dari paru-paru adalah melakukan pertukaran oksigen dan karbondioksida atau yang seringkali disebut dengan bernafas. Paru-paru juga memiliki fungsi penting lainnya yaitu menyeimbangkan kadar asam basa yang ada di dalam tubuh. jika asam basa di dalam tubuh tinggi maka paru-paru akan otomatis mengeluarkan karbondioksida lebih banyak.

Paru-paru merupakan organ yang sangat vital di dalam tubuh manusia, oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru supaya dapat bekerja lebih optimal. Berikut adalah jenis-jenis kandungan makanan yang bermanfaat bagi kesehata paru-paru :

  • Makanan yang mengandung omega 3 

Omega 3 merupakan salah satu komponen dalam kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Karena omega 3 memiliki manfaat dan fungsi yang sangat baik sebagai pelindung tubuh terutama sistem pernapasan seperti paru-paru. Penderita penyakit paru-paru disarankan untuk mengonsumsi makanan suplemen yang mengandung omega 3 khususnya penderita gangguan paru-paru kronis ( Choronic Obstructive pulmonary Disease/COPD) yang dapat memperbaiki fungsi paru-paru penderita penyakit tersebut. Dengan adanya penurunan serum, tingkat produksi lendir serta perbaikan gejala yang dialami penderita penyakit paru-paru kronis.


  • Makanan yang mengandung karoten 

 Kanker paru-paru dapat dicegah dengan mengonsumsi wortel. Kandungan kartoten pada wortel menurut penelitian-penelitian yang telah dilakukan terbukti dapat mencegah kanker. Menurut E.S. Wirakusumah dalam buku Buah dan Sayur Untuk Terapi(2006). Sepuluh dari sebelas penelitian orang yang kurang mengonsumsi makanan berkaroten akan memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap kanker paru-paru. Karoten dalam wortel bekerja dengan cara mengganggu mekanisme kanker yang akan merusak sel.


  • Makanan yang mengandung flavonoid 

 Flavonoid adalah senyawa yang terdiri dari 15 atom karbon yang umumnya terbesar di dunia. Flavonoid memiliki banyak manfaat salah satunya berfungsi sebagai anti inflamasi/peradangan pada paru-paru serta dapat melindungi paru-paru terutama bagi perokok berat dan penderita kanker paru-paru serta menurunkan resiko dari penyakit kronis paru-paru lainnya. Berbagai tumbuhan dan sayuran yang mengandung senyawa ini diantaranya buah jeruk, grup buah berry, aneka kacang-kacangan, ginko biloba, sayur bayam, semua jenis teh, coklat buah dan anggur ikut mengandung senyawa ini juga.


  • Makanan yang mengandung antioksida tinggi 



Banyak jensi buah yang mengandung antioksidan seperti brokoli, apel, jeruk, kubis hijau dan jenis buah serat sayuran lainnya. Buah dan sayuran pastinya mengandung oksidan yang tinggi berfungsi membantu memperbaiki dan melindungi paru-paru. Dalam sebuah studi mengungkapkan mereka yang menderita penyakit paru-paru atau yang memiliki resiko terhadap penyakit ini disarankan untuk membersihkan paru-paru dengan mengonsumsi 5 buah apel atau lebih dalam waktu seminggu yang berfungsi lebih baik dari paru-paru mereka yang sama sekali tidak megonsumsi apel. Selain itu, jenis antioksidan isothiocysnste yang terdapat dalam jenis sayuran seperti brokoli, toge serta bunga kol yang dapat menurunkan resiko dari kanker paru-paru. Sayuran kol, kubis hijau dan merah berfungsi sebagai sumber nutrisi dan melindungi paru-paru. Makanan sumber nutrisi paru-paru lainnya meliputi kedelai, kentang, biji wijen, almon, aprikot, kacang  serta buah sitrus.



Nah, setelah mengetahui lebih jelas mengenai manfaat-manfaat dari senyawa antioksidan, omega 3 , flavonoid dan karoten terhadap kesehatan paru-paru kita, cobalah untuk lebih memerhatikan lagi asupan makanan yang dikonsumsi. Usahakan selalu mengonsumsi makanan yang mengandung 4 senyawa tersebut untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh kita. Karena setiap tubuh seseorang, baik bayi, anak-anak, remaja maupun  dewasa pasti dapat dimasuki radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Jagan lupa untuk didukung dengan asupan lain seperti makanan dan miuman yang kaya akan protein, nutrisi, mineral dan kalsium.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar