Selasa, 13 Juni 2017

5 Pilihan Olahraga Baik Untuk Kesehatan Paru-Paru

5 Pilihan Olahraga Baik Untuk Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru merupakan organ vital yang sangat berperan penting dalam tubuh. Selain berfungsi dalam proses pernapasan, paru-paru juga berfungsi sebagai alat ekskresi. Sehingga merawat serta menjaga paru-paru agar tetap sehat dan bugar, sudah menjadi keharusan bagi setiap manusia.


Salah satunya dengan berolahraga, namun tidak sema jenis olah raga cocok bagi kesehatan paru-paru. Untuk itu dengan menerapkan jenis olahraga pilihan berikut, bisa menjadikan tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Nah inilah 5 jenis olahraga yang bisa anda pilih untuk menjaga kesehatan paru-paru.


Olahraga lari

 Lari adalah olahraga murah yang tidak memerlukan perlengkapan rumit. Lari pagi dapat dilakukan oleh siapa pun, tanpa memandang usia tua atau muda. Dengan berlari akan membuat otot diafragma mejadi lebih mudah dan cepat dalam melakukan fungsi kerjanya. Sehingga memperlancar pernapasan serta menjadikan paru-paru lebih sehat. selain itu lari juga bermanfaat untuk menguatkan jantung, meredakan depresi, baik untuk sistem cerna dan membantu untuk mencegah masalah pencernaan, membuat aktivitas lebih aktif, mengembalikan selera makan, mampu membakar lemak, sehingga mengatasi kegemukan, bermanfaat untuk mengencangkan otot paha dan punggung. dan meningkatkan kualitas tidur


Berenang


Manfaat olahraga renang telah diketahui secara luas. Renang merupakan satu bentuk latihan serba guna yang baik. Renang juga sangat berguna untuk mengatasi  ganguan pernapsasan dengan meredakan setres dan ketegangan. Sebagai salah satu latihan serba guna yang efektif bagi seluruh tubuh. Gerakan yang dilakukan secara berirama membuat napas menjadi lebih panjang, menambah kapasitas paru-paru dan meningkatkan suplai darah dalam tubuh.




Bersepeda

Bersepeda merupakan jenis olahraga ringan, sehingga lebih mudah untuk dilakukan. Ketika bersepeda, anda menghirup oksigen dan mengeluarkan secara perlahan sehingga memberi manfaat untuk meningkatkan kapasitas paru-paru. Selain itu, bersepeda membuat nafas menjadi terengah-engah. Airan oksigen akan makin terus terkuras karena energi yang digunakan cukup besar. Namun dengan begitu, tubuh anda mampu untuk mengontrol suplai dari oksigen tubuh.






Futsal

Tak hanya olahraga yang banyak diamati, yang bertujuan untuk memasukan bola kegawang, futsal juga memiliki manfaat untuk sirkulasi oksigen yang sangat penting bagi tubuh. Kekurangan oksigen dalam tubuh juga dapat menurunkan konsentrasi dan juga membuat tubuh lemas. Dengan rutin berolah raga futsal, sirkulasi oksigen dalam tubuh dapat menjadi lebih lancar dan tubuh menjadi lebih vit.


Olahraga Tai Chi

Tai chi pada tingkatan fisik adalah serangkaian gerakan yang memang disengaja dilakukan dengan lambat dan hati-hati.

Studi independen yang dipublikasikan melalui jurnal Plus One pada April 2013 menemukan bahwa taichi mengurangi gejala rematik, meningkatkan fungsi fisik pada pasien osteoarthritis, meningkatkan pernapasan, dan daya tahan pasien penderita penyakit paru-paru obstruktif kronis sama seperti pengobatan konvensional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar