Minggu, 18 Juni 2017

6 Tips Berpuasa Untuk Pengidap Asma

Memasuki bulan Ramadhan, seluruh umat muslim tentu ingi menjalankan  ibadah puasa selancar mungkin. Begitu juga degan muslim yag memiliki riwayat penyakit asma. Namun, ada kekhawatiran bagi seseorang yang mengidap penyakit paru-paru ii, misalanya memakai ventolin saat puasa.


Penyakit asma belum ada penelitian bahwa puasa berbahaya atau pun tidak melaksanakan ibadah puasa. Bahkan menurut sebuah penelitian dalam jurnal ilmiah Anals of Allergy, asthma, and Immunology sebesar 90% pengidap asma yag mejalani ibadah puasa tidak melaporkan keluhan apapun terkait serangan asma atau gangguan pernapsan lainnya. Namun, ini semua kembali kepada kondisi fisi masing-masing individu. 

Definisi Asma

Asma merupakan penyakit kronis pada saluran pernapasan dan ditandai dengan gejala umm meliputi mengi, batuk, dada terasa berat dan sesak napas. Ada bayak faktor penyebab mculnya serangan asma yang meluputi debu, binatag berketombe, kecoa alergan, jamur dan bahkan parfum yang biasaya merupakan penyebab asma pada wanita da anak-nak. Selain faktor psikologis seperti setres dapat memperburuk gejalanya. Setres dapat mengubah sitem imunitas dan selanjtnya meigkatka reaksi peradanga saluran pernapasan sebagai respons terhadap alergan dan iritan.

6 Tips Berpuasa Untuk Pengidap Asma, antara lain :

Melakukan konsultasi dengan dokter seminggu atau sebulan sebelum rahamdhan, mengenai kondisi anda yang memungkinkan utuk dapat melaksaakan puasa.  Selain berkonsltasi dengan dokter, sebaiknya anda juga melakukan konsultai dengan ustad mengenai pemakain inhaler saat puasa.
Banyak minum air putih pada vsaat berbuka dan sahur. Paling tidak minum 8 gelas selama tidak berpuasa. Agar tidak dehidrasi sepanjag puasa dan saluran pernapasan tetap lemabab.
Pola makanan yang sehat kaya vitami c, magnesium dan asam lemak omega-3 mampu mencegah asma ntuk pilihan sahur da berbuka yang sehat.
Hindari olehraga atau aktivitas fisik yang terlalu berat saat berpuasa. Karena dapat memicu serangan asma.
Atur suhu ruangan supaya cukup lembab. Bila kita bharus pergi ke luar ruangan yang udaranya sangat kering, gunakan masker.

Menggunakan ventolin saat saat sahur, berbuka, dan sebelum tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar